Pengembangan Modul Ekosistem Berbasis Paradigma Wahdatul Ulum untuk Siswa Kelas X MAS Al-Wasliyah Percut

Sihombing, Deni Veronika (2022) Pengembangan Modul Ekosistem Berbasis Paradigma Wahdatul Ulum untuk Siswa Kelas X MAS Al-Wasliyah Percut. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover-Lampiran .pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Lampiran (DeniVeronica).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Modul Ekosistem Berbasis Paradigma Wahdatul Ulum merupakan pengembangan dari suatu produk yang dihasilkan berupa modul pembalajaran. Modul yang dihasilkan dijadikan sebagai bahan ajar. Modul yang rincikan dengan konsep paradigma wahdatul ulum ini belum banyak terdapat dibuku-buku biologi pada umumnya, maka dari itu penulis ini mengembangkan produk berupa modul berbasis wahdatul ulum yang dilakukan pada sekolah MAS Al-Wasliyah Percut dengan materi ekosistem untuk siswa kelas X SMA/MA. Tampilan desain yang termuat didalam modul ini guna untuk membuat peserta didik merasa senang asik dan tertarik belajar dengan menggunakan modul karena menampilkan banyaknya gambar-gambar yang menarik. Pengembangan penelitian ini menggunakan pengembangan R&D (Research and Development) dengan desain 4D yang memiliki empat tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Sesuai hasil penilaian dari para ahli dan juga siswa diketahui bahwa pengembangan modul ekosistem Sangat Layak untuk dijadikan bahan ajar. Hasil penilaian uji kelayakan ahli media dengan nilai 87,50%, penilaian ahli materi 92,30%, penilaian ahli agama 85,41%. Dan hasil penilaian respon Guru Biologi 91,66%, hasil penilaian respon siswa 90,88% berdasarkan dari hasil penilaian tersebut maka modu ekosistem berbasis paradigm wahdatul ulum untuk siswa kelas X SMA/MA layak dijadikan bahan ajar tambahan untuk proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Ekosistem, Wahdatul Ulum, untuk BahanAjar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:11
Last Modified: 12 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19909

Actions (login required)

View Item View Item