Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam membangun Kultur Siswa Berakhlakul Karimah Melalui Pendekatan Rational Emotive Behavior di SMA Gema Buwana Percut Sei Tuan

Adelia, Afifah (2023) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam membangun Kultur Siswa Berakhlakul Karimah Melalui Pendekatan Rational Emotive Behavior di SMA Gema Buwana Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER AFIFAH ADELIA NEW.pdf

Download (907kB)
[img] Text
BAB I AFIFAH ADELIA.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB II AFIFAH ADELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
BAB III AFIFAH ADELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV AFIFAH ADELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V AFIFAH ADELIA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN AFIFAH ADELIA-1.pdf

Download (997kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kriteria siswa berakhlakul karimah, faktor-faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan konseling dalam membangun kultur siswa berakhlakul karimah melalui pendekatan rational emotive behavior, dan upaya guru bimbingan konseling dalam membangun kutur siswa berakhlakul karimah melalui pendekatan rational emotive behavior di SMA Gema Buwana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan study kasus (case study). subjek penelitian kepala sekolah, satu orang guru BK dan 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan pendapat menurut Miles dan Habermen dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penjamin keabsahan data yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa (1) Kriteria siswa berakhlakul karimah yang diharapkan di SMA Gema Buwana adalah anak yang taat akan perintah agama (2) faktor Pendukung terdapat guru yang professional memberikan contoh teladan yang baik bagi para siswa serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor pribadi anak, faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan keluarga, serta faktor teknologi. (3) Peran guru Bimbingan Konseling dengan menggunakan teknik pendekatan rational emotive behaviour dalam upaya membangun kultur siswa berakhlakul karimah di SMA Gema Buwana Percut Sei Tuan sudah terlaksana dengan baik. Berdasarkan pada temuan penelitian diatas maka pendekatan Rational emotive Behaviour dapat digunakan untuk membangun kultur siswa berakhlakul karimah. Upaya guru Bimbingan Konseling dalam berperan untuk membangun kultur siswa berakhlakul karimah sudah berjalan dengan semestinya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kultur Akhlakul Karimah, Rational Emotive Behaviour
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:54
Last Modified: 11 Jul 2023 07:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19889

Actions (login required)

View Item View Item