Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Dalam Memanfaatkan Layanan BK Di Sekolah SMP Negeri 1 Barumun

Hasibuan, Devi Wardia (2023) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Dalam Memanfaatkan Layanan BK Di Sekolah SMP Negeri 1 Barumun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2-BAB I.pdf

Download (639kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6_BAB V.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan bk di sekolah SMP Negeri 1 Barumun, 2). Untuk mengetahui dampak dari faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan bk di sekolah SMP Negeri 1 Barumun. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru BK, Siswa dan Wali Kelas. teknik pengumpulan data ini menggunakan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari alur analisis yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian: 1). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan bk di sekolah SMP Negeri 1 Barumun yaitu dipengaruhi oleh dua faktor yang meliputi: faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal diantaranya persepsi siswa yang salah terhadap guru BK dan motivasi dari siswa. Kemudian dari segi faktor eksternal yaitu kepribadian guru BK, dukungan sosial teman sebaya, serta guru BK yang belum optimal dalam memberikan layanan BK di sekolah, 2). Dampak dari faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan bk di sekolah SMP Negeri 1 Barumun yaitu dampak aspek pendidikan, dampak aspek kenyamanan internal siswa, dampak perilaku dan sikap, dampak psikologi siswa dan dampak persepsi siswa yang salah. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka faktor-faktor penyebab rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan bk di sekolah SMP Negeri 1 Barumun yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Dampak dari faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan bk di sekolah SMP Negeri 1 Barumun yaitu berdampak pada aspek pendidikan siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa, Layanan BK
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:23
Last Modified: 10 Jul 2023 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19850

Actions (login required)

View Item View Item