Analisis Manajemen Risiko Penggunaan Digital Payment (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KC Medan S.Parman)

Sinaga, Ivo Shella Andaresta (2022) Analisis Manajemen Risiko Penggunaan Digital Payment (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KC Medan S.Parman). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)

Abstract

Ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui manajemen risiko Penggunaan Digital Payment (QRIS) pada PT. Bank Syariah Indonesia KC Medan S.Parman. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif analisis merupakan analisis yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dengan metode yang telah ditentukan. Pengumpulan data penelitian ini dihimpun melalui wawancara dengan pihak terkait yaitu divisi manajemen risiko, customer service, marketing. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir induktif yaitu menjelaskan hasil penelitian mengenai fakta yang terjadi di lapangan yang selanjutnya dianalisis sesuai teori yang ada. Hasil penelitian mengatakan dalam penerapan manajemen risiko operasional perusahaan PT. Bank Syariah Indonesia KC Medan S.Parman mengacu pada 4 aspek yakni indentifikasi, pengukuran/penilaian, pemantauan, dan pengendalian risiko yang baik. Hal ini terlihat dari minimnya impact yang diterima bank dari risiko yang dihadapi merchant QRIS. Dalam 3 tahun terakhir risiko yang dihadapi merchant hampir sama, namun 3 tahun terakhir juga perusahaan telah berkembang dengan sangat signifikan bahkan berani pasang badan untuk memberi MDR 0% bagi UMKM (Mikro). Dari fakta ini dapat disimpulkan bahwa manajemen risiko yang diterapkan dalam perusahaan sudah baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen risiko, merchant QRIS, risiko operasional
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:05
Last Modified: 03 Jul 2023 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19811

Actions (login required)

View Item View Item