Penerapan Permainan Bowling Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan di TK Negeri 2 Pembina Medan Kecamatan Medan Labuhan

Anggeline, Nadya (2023) Penerapan Permainan Bowling Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan di TK Negeri 2 Pembina Medan Kecamatan Medan Labuhan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1COVER_(NADYA ANGGELINE).pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB 1_(NADYA ANGGELINE).pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II (NADYA ANGGELINE).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB III (NADYA ANGGELINE).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV (NADYA ANGGELINE).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (NADYA ANGGELINE).pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN (NADYA ANGGELINE).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Penerapan Permainan Bowling Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Di TK Negeri 2 Pembina Medan Kecamatan Medan Labuhan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kemampuan mengenal konsep bilangan di TK Negeri 2 Pembina Medan, (2) Bagaimana penerapan permainan bowling dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan di TK Negeri 2 Pembina Medan, (3) Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat kemampuan mengenal konsep bilangan di TK Negeri 2 Pembina Medan. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa di TK Negeri 2 Pembina Medan sudah berkembang sesuai harapan, tetapi ada satu anak yang belum berkembang. Dilihat dari indikator pencapaian perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan yaitu membilang atau menyebutkan urutan 1-10, membilang dengan menunjukkan benda-benda dan membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda. Faktor pendukungnya antara lain: (1) rencana pembelajaran yang terstruktur, (2) alat permainan edukatif, (3) sarana dan prasarana yang mencukupi, (4) orang tua yang disiplin dan (5) metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: daya ingat dan pemahaman setiap masing-masing anak yang berbeda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Konsep Bilangan, Bowling, Anak Usia 5-6 tahun.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:03
Last Modified: 03 Jul 2023 02:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item