Bimbingan Agama Dalam Menanggulangi Trauma Terhadap Anak Mantan Terorisme Pada Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Sei Mencirim

Sitmorang, Azhari (2023) Bimbingan Agama Dalam Menanggulangi Trauma Terhadap Anak Mantan Terorisme Pada Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Sei Mencirim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI Azhari (cover) .pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI revisi Azhari (Bab 1).pdf

Download (234kB)
[img] Text
SKRIPSI revisi Azhari (Bab2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
SKRIPSI revisi Azhari (Bab 3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
SKRIPSI revisi Azhari (Bab 4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
SKRIPSI revisi Azhari (Bab 5).pdf

Download (198kB)
[img] Text
SKRIPSI AZHARI ( Daftar Pustaka) .pdf

Download (906kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran bimbingan agama terhadap anak mantan teroris dan juga untuk mengetahui cara mengatasi trauma yang di alami oleh anak mantan teroris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Hasil dari penelitian ini dalam menanggulangi pondok pesantren AlHidayah Desa Sei Mencirim Kabupaten Deli Serdang dengan metode bimbingan agama menggunakan metode langsung, tidak langsung dan kelompok, meliputi berbagai dengan kegiatan keagamaan maupun produktif. Adapun kegiatan keagamaan yang diberikan adalah sholat berjama’ah, mengaji dan kegiatan muhasabah diri diwaktu setelah sholat subuh selain itu terdapat materi bimbingan keagamaan yang di sampaikan.Metode ceramah atau tausyiyah pendekatan behavioral dimana dalam pendekatan behavioral ini dilakukan secara langsung atau tatap muka.Kegiatan produktifnya adalah kegiatan berkebun, berternak, membuat keterampilan dalam mengelola gula aren. Keberhasilan bimbingan agama didukung dari unsur-unsur bimbingan agama, salah satu diantaranya unsur materi karena materi yang diberikan bersumber dari Al-qur’an dan hadis Nabi yang disesuaikan keadaan anak. Materi itu meliputi aqidah/keimanan, syariah dan akhlak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Agama,Trauma, Anak
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:27
Last Modified: 27 Jun 2023 05:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19767

Actions (login required)

View Item View Item