Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 SD dengan Teknik Tracing The Dot di SD IT Khairul Fataya

Aulia, Ismi (2023) Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 SD dengan Teknik Tracing The Dot di SD IT Khairul Fataya. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER - Salin.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sesuai dengan rumusan masalah yaitu untuk mengetahui: 1) Kemampuan Menulis Siswa Kelas 1 di SD IT Khairul Fataya, 2) Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa di Kelas 1 SD IT Khairul Fataya, dan 3) Faktor Penghambat dan Pendukung Guru dalam Melaksanakan Teknik Tracing The Dot di SD IT Khairul Fataya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deksriptif, dengan proses pengumpulan data, wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini diambil kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan siswa kelas 1 SD IT Khairul Fataya dalam menulis: a) Tulisan terlalu jelek atau tidak terbaca, b) Sering terlambat menyalin dibandingkan anak lain, c) Banyak kesalahan pada tulisan, misalnya huruf terbalik atau hilang, d) Sulit menulis dengan lurus pada kertas yang tak bergaris, dan e) Menulis huruf tidak sesuai dengan kaidah bahasa. 2) Strategi guru menggunakan teknik menulis tracing the dot yakni dengan teknik menebalkan garis putus-putus/titik. 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan teknik tracing the dot, yaitu: a) Tidak TK sewaktu usianya sudah cukup, b) Lingkungan keluarga tidak mendukung, c) Motorik halusnya terganggu, d) Daya ingat rendah, e) Suasana rumah, dan f) Alat pembelajaran yang kurang memadai. Faktor pendukung guru dalam melaksanakan teknik tracing the dot yaitu: a) Tingkat kecerdasan anak sangat tinggi, b) Adanya dukungan penuh dan pengajaran dari orang tua serta guru, dan c) Menemukan metode/cara yang tepat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kemampuan Menulis Permulaan Siswa, dan Teknik Tracing The Dot.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:18
Last Modified: 27 Jun 2023 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19765

Actions (login required)

View Item View Item