Pengaruh Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Telaah Simbol Matematika Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Swasta Jambi Medan

Susilawati, Susilawati (2022) Pengaruh Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Telaah Simbol Matematika Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Swasta Jambi Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover 1.pdf

Download (857kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemahaman kecakapan dan pemehaman simbol matematika yang masih rendah dan yang menjadi salah satu faktornya yaitu sikap mereka terhadap pembelajaran matematika kurang dan menganggap matematika sulit dan membosankan. Hal tersebut didasari oleh metode pembelajaran yang digunakan selama berlangsungnya proses pembelajaran daring yang lebih condong pada metode ceramah dan pemberian tugas sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan desain Nonequivalent Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Jambi Medan dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas delapan satu untuk kelas eksperimen dan kelas delapan dua untuk kelas kontrol dengan masing-masing jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu teknik Sampling Total. Teknik dengan jumlah populasi 50 dan seluruh ppulasi dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan Model-eliciting activities (MEAs) lebih baik dari kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan thitung ttabel yakni 3,611 2,010; (2) kemampuan telaah simbol matematika siswa yang diajarkan dengan Model-eliciting activities (MEAs) lebih baik dari kemampuan telaah simbol matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan thitung ttabel yakni 4,086 2,010; (3) kemampuan literasi numerasi dan telaah simbol matematika siswa yang diajarkan dengan Model-eliciting activities (MEAs) lebih baik dari kemampuan literasi numerasi dan telaah simbol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung Ftabel yakni 12,65 > 3,190.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model-Eliciting Activities (MEAs), Numerical Literacy, Study of Mathematical Symbols.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:55
Last Modified: 27 Jun 2023 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19763

Actions (login required)

View Item View Item