Perbedaan Kemampuan Visual Spasial dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA Swasta YPK Medan

Pharsy, Nazwa Nabila (2022) Perbedaan Kemampuan Visual Spasial dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA Swasta YPK Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan visual spasial dan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning kelas XI SMA Swasta YPK Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI SMA Swasta YPK Medan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 4 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas MIPA-1 dan MIPA-2 yang masing-masing berjumlah 21 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh dengan cara Cluster Random Sampling. Analisis data yang dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kemampuan visual spasial melalui model Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning adalah 0,70 < 4,09; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning adalah 4,71 > 4,09; 3) Kemampuan visual spasial dan pemecahan masalah matematis melalui model Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning adalah 4,69 > 3,96. Penelitian ini tidak memiliki perbedaan antara kemampuan visual spasial melalui model Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning, tetapi memiliki perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning serta kemampuan visual spasial dan pemecahan masalah melalui model Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Visual Spasial, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:06
Last Modified: 27 Jun 2023 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19756

Actions (login required)

View Item View Item