Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa Tentang Akhlakul Karimah Melalui Bimbingan Kelompok di Sekolah SMP Negeri 7 Tanjungbalai

Hidayat, Sazli (2022) Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa Tentang Akhlakul Karimah Melalui Bimbingan Kelompok di Sekolah SMP Negeri 7 Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover sazli hidayat.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1 sazli hidayat.pdf

Download (384kB)
[img] Text
bab 2 sazli hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img] Text
bab 3 sazli hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
bab 4 sazli hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
bab 5 sazli hidayat.pdf

Download (321kB)
[img] Text
dasftar pustaka sazli hidayat.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Tanjungbalai, adapun tujuannya adalah: 1) Untuk mendeskripsikan sejauh mana pemahaman siswa tentang akhlakul karimah. 2) Untuk memperoleh cara meningkatkan pemahaman agama tentang akhlakul karimah melalui bimbingan kelompok. 3) Untuk memperoleh dan mendeskripsikan apa saja dan bagaimana cara mengatasi faktor pendukung dan penghambat yang akan terjadi pada saat melakukan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang akhlakul karimah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Pengolahan data kualitatif dilakukan dengan mentranskip data, baik itu wawancara maupun dokumen-dokumen yang terkait penulisan. Subjek yang diteliti sebagai informasi data penelitian ini yaitu peneliti mengambil beberapa informan data yaitu Kepala Sekolah, siswa dan Guru BK. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan analisis data. Mencari dan mengatur secara sistematis transkip wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain yang telah dikumpulkan untuk menambah penambahan sendiri mengenai bahan-bahan tersebut. Untuk itu data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model interaksi dari Miles dan Huberman dalam Sugiyono yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data, Menarik Kesimpulan/Verifikasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Keagamaan, Akhlakul Karimah, Bimbingan Kelompok
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:38
Last Modified: 26 Jun 2023 07:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item