Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Karo

Afrilina, Dinda (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER DINDA AFRILINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I DINDA AFRILINA.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II DINDA AFRILINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III DINDA AFRILINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV DINDA AFRILINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V DINDA AFRILINA.pdf

Download (685kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DINDA AFRILINA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilaukan berjudul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Karo” yang dilatarbelakangi bahwa kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah dan kegiatan pembelajaran di kelas umumnya selalu menggunakan metode konvensional yang berpusat pada guru. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Karo. Sampel pada penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 29 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes post-test berbentuk uraian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dimana dan nilai sehingga diketahui bahwa nilai yaitu 8,6820 >2,0032. (2) Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, dimana dan nilai sehingga diketahui bahwa nilai yaitu 5,5647>2,0032

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Komunikasi Matematis, dan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:58
Last Modified: 26 Jun 2023 02:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19710

Actions (login required)

View Item View Item