Pengembangan Modul Vertebrata Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS)

Nurrahma, Haditsa (2022) Pengembangan Modul Vertebrata Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. CAVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektivitasan pada modul vertebrata berbasis high order thinking skill (HOTS). Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model 4-D yang dikembangkan oleh S. Thagarajan dengan 4 tahapan yaitu Difine (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). modul vertebrata berbasis high order thinking skill (HOTS) dinilai oleh 1 dosen validator ahli materi dan 1 dosen validator ahli media, 1 guru biologi, dan 32 siswa SMA Negeri 1 Seisuka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa presentase penilaian modul oleh ahli materi 83% dengan kriteria sangat layak. Presentase yang diberikan oleh ahli media 93% dengan kriteria sangat layak. Presentase dari penilaian modul yang diberikan oleh guru 93% dengan kriteria sangat praktis dan presentase penilaian dari 32 siswa 90% dengan kriteria sangat praktis. Hasil prolehan nilai rata-rata N-Gain score keaktifan belajar siswa yaitu 0,7 dan hasil perolehan presentase nilai rata-rata N- Gain score pada hasil belajar siswa yaitu 71% sehingga disimpulkan bahwa modul vertebrata berbasis high order thinking skill (HOTS) dalam proses pembelajaran efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Vertebrata, HOTS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jun 2023 09:09
Last Modified: 22 Jun 2023 09:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19690

Actions (login required)

View Item View Item