Pengaruh Penggunaan Software SageMath terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Integral di SMA Negeri 1 Sayur Matinggi

Pasaribu, Nur Aminah (2022) Pengaruh Penggunaan Software SageMath terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Integral di SMA Negeri 1 Sayur Matinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER -1_merged.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini diselenggarakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan software sagemath terhadap pemahaman konsep siswa kelas XII khususnya pada materi integral di SMA Negeri 1 Sayur Matinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Quasi-Eperimental yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA yang berjumlah 29 dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas XII IPA 1A dan XII IPA 1B. Pengambilang sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah teknik non- random sampling yang dilakukan dengan secara purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah semua populasi yang ada. Pengambilan sampel ini dilakukan karena populasi berjumlah dibawah 50 orang dan karakteristik kedua sampel sama. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pelitian ini adalah tes essay berjumlah 5 soal. sebelum digunakan, tes ini terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya, dan hasil ujinya menyatakan bahwa tes ini sudah valid dan reliable dan bisa digunakan dalam penelitian. Hasil analisis data yaitu Uji normalitas dan homogenitas data menunjukkan bahwa data bersifat normal dan homogen. Serta uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel = 2,987 > 2,7771. dapat disimpulkan bahwa hasil pemahaman konsep dengan menggunakan software sagemath lebih baik dari pada pemahaman konsep siswa yang tidak menggunakan software sagemath di SMA Negeri 1 Sayur Matinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Matematika, Pemahaman Konsep, Integral, SageMath.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:51
Last Modified: 22 Jun 2023 04:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19671

Actions (login required)

View Item View Item