Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai-nilai Karakter di SD Nurul Islam Indonesia

Effendi, Allicia Laini (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai-nilai Karakter di SD Nurul Islam Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Caver Alicia.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Alicia.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II Alicia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III Alicia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV Alicia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB V Alicia.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran Alicia.pdf

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Nilai-nilai karakter apa saja yang ditanamkan oleh guru pendidikan agama Islam kepada siswa di SD NURUL ISLAM INDONESIA. (2) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengaktualisasikan nilai religius kepada siswa di SD NURUL ISLAM INDONESIA. (3) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengaktualisasikan nilai disiplin kepada siswa di SD NURUL ISLAM INDONESIA. (4) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengaktualisasikan nilai kepedulian sosial kepada siswa di SD NURUL ISLAM INDONESIA. (5) Untuk mengetahui yang menjadi penghambat guru pendidikan agama Islam dalam mengaktualisasikan nilai religius, disiplin dan kepedulian sosial kepada siswa di SD NURUL ISLAM INDONESIA. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan tentang “UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAKTUALISASIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SD ISLAM INONESIA” dalam hal ini subjek penelitiannya adalah guru PAI, siswa dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil analisis bahwa : (1) nilai-nilai karakter yang paling ditekankan di SD Nurul Islam Indonesia Medan adalah nilai religius, nilai disiplin dan nilai kepedulian sosial. (2) Nilai-nilai religius yang diajarkan di SD Nurul Islam Indonesia diantaranya Shalat dhuha berjamaah, shalat Zuhur dan Asar berjamaah, menghapal do‟a harian dan surah-surah pendek, dan sehabis shalat melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. (3) Nilai kedisiplinan diantaranya disiplin belajar, disiplin ibadah, disiplin waktu dan disiplin dalam bersikap. (4) Nilai kepedulian sosial yang diterapkan adalah membuat gerakan Jum‟at Ber-infaq (GJB), menjenguk teman yang sakit dan kerja bakti. (5) Hambatan dalam penanaman karakter diantaranya buru-buru dalam penyelesaian materi, jam pelajaran dilaksanakan disiang hari, pergaulan siswa yang sulit dikontrol dan lambatnya siswa dalam menerima setiap nilai karakter yang diajarkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:49
Last Modified: 21 Jun 2023 09:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item View Item