Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Students Teams Achievements Division (STAD) Di Kelas VIII MTs Al Washliyah Tanjung Morawa T.P.2017/2018

Sumarsih, Sumarsih (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Students Teams Achievements Division (STAD) Di Kelas VIII MTs Al Washliyah Tanjung Morawa T.P.2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Sumarsih Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Sumarsih Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sumarsih Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Sumarsih Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Sumarsih Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Sumarsih Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sumarsih Daftar Pustaka, Lampiran.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi Prisma dan Limas di Kelas VIII MTs S Al-Washliyah Tanjung Morawa T.P 2017/2018 Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs S Al-Washliyah Tanjung Morawa T.P 2017/2018 yang berjumlah 72 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa di kelas VIII-1 dan 24 siswa di kelas VIII-2. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi prisma dan limas; 2) Hasil belajar siswa berkemampuan tinggi yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi prisma dan limas; 3) Hasil belajar siswa berkemampuan rendah yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi prisma dan limas; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan kemampuan siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa berkemampuan tinggi lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan siswa berkemampuan rendah lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi di kelas VIII MTs S Al-Washliyah Tanjung Morawa T.P 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievements Division (STAD)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:05
Last Modified: 21 Jun 2023 09:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19639

Actions (login required)

View Item View Item