Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mempersiapkan Siswa Untuk Pendidikan LanjutDi Man Sibolga

Panggabean, Khairunnisa (2023) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mempersiapkan Siswa Untuk Pendidikan LanjutDi Man Sibolga. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Khairunnisa Panggabean.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I Khairunnisa Panggabean .pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB II Khairunnisa Panggabean.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III Khairunnisa Panggabean.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB IV Khairunnisa Panggabean.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB V Khairunnisa Panggabean.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN Khairunnisa Panggabean.pdf

Download (15MB)

Abstract

Guru bimbingan konseling dapat memberikan gambaran tentang cara pandang yang baik, untuk siswa yang akan mempersiapkan cita-cita . Siswa yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat Madrasah Aliyah tentunya akan melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi seperti memasuki Perguruan Tinggi, Melamar angkatan menjadi Polisi dan Tentara. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kesiapan siswa dalam mengikuti pendidikan lanjutdi MAN Sibolga, kemudian untuk mendiskripsikan Upaya guru Bimbingan Konseling dalam menyiapkan siswa mengikuti pendidikan lanjut di MAN Sibolga, serta untuk mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung upaya guru BK. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat dekstiptif yang menggunakan analisis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasional dan dokumentasi. Hasil kesiapan siswa kelas XII untuk mengikuti pendidikan lanjut di MAN Sibolga sudah cukup optimal dalam mempersiapkan siswa untuk pendidikan lanjut sangat bervariasi. Upaya Guru bimbingan konseling terhadap siswa yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi yaitu dengan memberi layanan informasi kepada siswa kelas XII MAN Sibolga terkait Universitas yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan siswa, memberi pandangan pada siswa tentang penting nya pendidikan untuk masa depan, guru bimbingan konseling berusaha agar siswa dapat optimis untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Faktor yang mendukung guru bimbingan konseling dalam mengarahkan siswa kelas XII MAN Sibolga untuk pendidikan lanjut adalah adanya sosialisasi yang baik antara sekolah dengan universitas karena selama ini siswa beberapa kali mengikuti seminar tentang perguruan tinggi sehingga siswa sudah tidak asing lagi dengan gambaran seputar universitas, dengan sosialisasi yang baik antara sekolah dengan universitas cukup membantu guru bimbingan konseling dalam mengarahkan siswa untuk pendidikan lanjut. Kesimpulannya Guru bimbingan konseling membantu siswa kelas XII untuk pendidikan lanjut dengan cara mengarahkan dan memotivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Guru bimbingan konseling memberi pandangan pada siswa tentang penting nya pendidikan, bagaimana gambaran universitas, memberi informasi terbaru seputar universitas, calon pelamaran polisi atau tentara dan informasi lowongan pekerjaan untuk siswa tamatan MA serta memberi nasehat bahwa masa depan yang cerah tidak bisa diraih tanpa jerih payah maka dari itu siswa diharapkan selalu berusaha untuk meraih cita- cita dengan modal rasa optimis dan gigih.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK, Kesiapan Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:02
Last Modified: 19 Jun 2023 04:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item View Item