Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perbankan Syariah berdasarkan Islamic Social Reporting Index (ISR) periode 2016-2020

Agustina, Mutia (2021) Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perbankan Syariah berdasarkan Islamic Social Reporting Index (ISR) periode 2016-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER MUTIA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB I MUTIA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II MUTIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB III MUTIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV MUTIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB V MUTIA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MUTIA.pdf

Download (913kB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) ialah kepedulian bisnis yang mencakup lingkungan, masalah sosial, serta faktor keuangan/ekonomi. ISR, atau Islamic Social Reporting Index, ialah tolok ukur yang dipakai oleh bisnis berbasis syariah untuk melaporkan tanggung jawab sosial mereka. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui apakah Corporate Social Responsibility (CSR) Perbankan Syariah yang juga dikenal sebagai tanggung jawab sosial sejalan dengan Islamic Social Responsibility Index atau tidak. Menurut Indeks ISR, akan dibagi menjadi 6 tema dengan maksimal 42 subtema untuk setiap topik. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Adapun 8 Bank Umum Syariah BUS yang menerbitkan Laporan Tahunan pada setiap Website Resmi BUS setiap tahunnya selama kurun waktu lima tahun, atau dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, menjadi subyek penelitian ini. Dalam penelitian ini, analisis isi dipakai untuk mengkaji isi objek penelitian. Berdasarkan temuan penelitian dan analisis yang dilakukan, Bank Mega Syariah sebagai Bank Umum Syariah memperoleh skor tertinggi dalam pengungkapan tanggung jawab sosialnya dan masuk dalam kategori “Informatif” dengan persentase sebesar 76,34%. Para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa, dari 2016 hingga 2020, telah terjadi peningkatan tahunan dalam pengungkapan tanggung jawab sosial Bank Umum Syariah sebagai konsekuensi dari studi dan analisis mereka. Karena perhatian mereka terhadap kewajiban social tidak hanya tanggung jawab sosial, tetapi tanggung jawab berdasarkan pemahaman kewajiban berdasarkan amanat yang ada dalam ajaran Islam juga para pemilik perusahaan telah menunjukkan tingkat kesadaran yang tinggi. Secara keseluruhan, judul objek penelitian bersifat informatif dan mengacu pada derajat CSR atau tanggung jawab sosial berdasarkan ISR.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Tanggung Jawab Sosial, ISR, Bank Umum Syariah, Pengungkapan.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:24
Last Modified: 16 Jun 2023 08:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19559

Actions (login required)

View Item View Item