Pengaruh Media Pembelajaran Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial Di Kelas VII MTs Teladan Ujung Kubu Kec. Nibung Hangus Kab. Batu Bara

Yani, Ahmad (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial Di Kelas VII MTs Teladan Ujung Kubu Kec. Nibung Hangus Kab. Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tanpa menggunakan Media Pembelajaran VideoScribe 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Media Pembelajaran VideoScribe 3) Pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran VideoScribe pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Teladan Ujung Kubu, Kec. Nibung Hangus Kab. Batu Bara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. .Sampel dalam penelitian berjumlah 25 siswa dengan Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Pengumpulan data ini menggunakan hasil pretest- posttest. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran videoscribe lebih rendah dari hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran. Hal ini ditunjukan dari perolehan rata-rata yang diperoleh dikelas Kontrol 75,21 dan 84,71 dikelas eksperimen. Sedangkan untuk hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 4.496 > 2.048 pada taraf signifikan 5% dan α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Teladan Ujung Kubu, Kec.Nibung Hangus, Kab. Batu Bara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Videoscribe, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:49
Last Modified: 15 Jun 2023 09:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19538

Actions (login required)

View Item View Item