Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Perspektif Keluarga Batak Toba di Kelurahan Tegal Sari Mandala II Kecamatan Medan Denai

Tambunan, Rizkina Hayati (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Perspektif Keluarga Batak Toba di Kelurahan Tegal Sari Mandala II Kecamatan Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER (5).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan. 1) Mengetahui dan mendeskripsikan Pandangan Keluarga Batak Toba terhadap nilai-nilai pendidikan di Tegal Sari Mandala II. Kecamatan Medan Denai. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan Upaya Orang tua Dalam Melangsungkan Pendidikan di Dalam Keluarga Batak Toba di Tegal Sari Mandala II Kecamatan Medan Denai. 3) Mengetahui dan mendeskripsikan Nilai-nilai pendidikan Dalam Perspektif Keluarga Batak Toba di Tegal Sari Mandala II. Kecamatan Medan Denai. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Deskriftif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengunakan, metode Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dari penelitian iniadalah orang tua dari keluarga Batak Toba di Kelurahan Tegal Sari Mandala II Kecamatan Medan Denai. Berdasarkan penelitian hasil yang di dapatkan mengambarkan hal-hal sebagai berikut: 1) Presfektif masyarakat Batak Toba terhadap pendidikan pada dasarnya menganggap bahwa pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dan harus selalu diperjuangakan, menurut keluarga Batak Toba, pendidikan adalah sebuah sarana untuk memajukan kehidupan anak. 2) Orang Tua di dalam keluarga Batak Toba cenderung mengupayakan pendidikan terhadap anaknya, dengan harapan dapat memberi kehormatan dan memberi kebahagiaan di dalam keluarga. 3)Orang tua dalam keluarga Batak Toba cenderung selalu mengusahakan kepentingan pendidikan terlebih dahulu untuk anak-anaknya, karena keluarga Batak Toba menggap anak adalah harta yang paling berharga nilainya, hal ini sejalan dengan pribahasa orang Batak Toba yang mengatakan bahwa “ Anakkhonku Hamoraon Di Au”. 4) Nilai-nilai pendidikan dalam persfektif keluarga Batak Toba di Kelurahan Tegal Sari Mandala II kecamatan Medan Denai ada beberapa hal, mulai dari nilai pendidikan budaya yang tidak boleh dipudarkan, kemudian nilai kerja keras, nilai etika, nilai kerja sama dan yang paling terpenting adalah nilai-nilai ketuhanan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Batak Toba, Nilai-nilai, Pendidikan, Keluarga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:38
Last Modified: 15 Jun 2023 09:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19536

Actions (login required)

View Item View Item