Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Semadam Kabupaten Aceh Tenggara

Amarullah, Khairanda (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Semadam Kabupaten Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover, lembar pengesahan, lembar persetujuan, pernyataan asli skripsi, abstrak, daftar isi-1 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
randa bab I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
randa BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
randa BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
randa BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
randa BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
daftar pustaka-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri 2 Semadam kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen, sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan tes Pretest dan Postest.Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian yang telah diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa kelas IV SD Negeri 2 Semadam kabupaten Aceh Tenggara. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 41,17 dan diketahui bahwa ttabel = 1,6706. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 24,46 > 1,6850 dengan db = 38 yang berarti H1diterima dan H0ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading And Composition (CRC), Keterampilan Membaca Intensif.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:33
Last Modified: 13 Jun 2023 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19504

Actions (login required)

View Item View Item