Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Rimpang Jeringau (Acorus calamus L.) Terhadap Histopatologi Lambung Tikus Putih (Rattus norvegicus L.) Yang Diinduksi Natrium Nitrit (NaNO2)

Mahbengi, Rizky (2022) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Rimpang Jeringau (Acorus calamus L.) Terhadap Histopatologi Lambung Tikus Putih (Rattus norvegicus L.) Yang Diinduksi Natrium Nitrit (NaNO2). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover

Download (784kB)
[img] Text
bab I

Download (386kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Makanan cepat saji telah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Penggunaan bahan tambahan pangan seperti natrium nitrit telah digunakan sebagian besar industri untuk mengawetkan makanan dan memiliki efek radikal bebas yang bekerja di dalam tubuh, terutama di lambung yang merupakan tempat utama penyerapan makanan. Rimpang jeringau merupakan tanaman tradisional yang dipercaya memiliki sifat antioksidan. Pemberian ekstrak etanol rimpang jeringau diharapkan dapat memperbaiki dan mengurangi efek radikal bebas dari natrium nitrit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol rimpang jeringau terhadap gambaran makroskopik dan mikroskopik lambung tikus putih yang di induksi natrium nitrit. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap yang meliputi 5 kelompok perlakuan dan 5 kelompok ulangan. Kontrol negatif diberi CMC Na 0,5 % selama 40 hari, kontrol positif diberiNaNO2 dosis 50 mg/kg BB selama 30 hari dilanjutkan dengan CMC Na 0,5 % pada hari 31-40, pada kelompok P1 P2 dan P3 diberi NaNO2 dosis 50 mg/kg BB pada hari 1-15, dilanjutkan dengan NaNO2 dosis 50 mg/kg BB + ekstrak rimpang jeringau dosis bertingkat (250 mg, 500 mg, dan 750 mg) pada hari 16-30, dan dilanjutkan lagi dengan ekstrak rimpang jeringau pada hari 31-40. Pembuatan preparat menggunakan metode parafin dengan pewarnaan Hematoxylin-Eosin.Pengamatan yang dilakukan berupa pengamatan makroskopik dan mikroskopik serta pengujian skrining fitokimia. Data dianalisis dengan One-Way Anova dan ujiDuncan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak etanol rimpang jeringau tidak berpengaruh terhadap gambaran makroskopik lambung tikus putih. Namun secara mikroskopik berpengaruh nyata terhadap perbaikan jaringan mukosa lambung yang berupa adanya deskuamasi, erosi dan ulserasi dengan dosis terbaik pada 250 mg/kg BB dibandingkan dosis lainnya, serta berpengaruh nyata pada ketebalan lapisan mukosa lambung dengan dosis terbaik pada 500 mg/kg BB.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jeringau, Natrium Nitrit, Lambung, Tikus, Histopatologi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 May 2023 03:45
Last Modified: 26 May 2023 03:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19378

Actions (login required)

View Item View Item