Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Tahun 2023

Annisa, Annisa (2023) Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Tahun 2023. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengantar : Remaja termasuk kelompok yang rentan mengalami permasalah gizi. Masalah gizi remaja muncul dikarenakan perilaku gizi yang salah yaitu pada kebiasaan pola makan yang buruk, diet yang ketat, aktivitas yang dilakukan, serta pengetahuan tentang gizi seimbang. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pola makan dengan status gizi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Metode : penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Tahun 2023. Sampel diambil sebesar 91 mahasiswa dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuisoner. Intrumen kuisoner digunakan berupa kuisoner Food Frequency Questioner (FFQ) dan data Berat Badan, Tinggi Badan responden. Data menggunakan uji analisis korelasi Spearman dengan α = 5%. Hasil dan Diskusi : hasil penelitian menunjukkan sebagian responden berstatus gizi normal (75,8%), responden berstatus gizi kurus (7,7%) responden berstatus gizi gemuk (11,0%) dan responden berstatus gizi obesitas (3,3%). Pola makan menunjukkan kategori cukup (70,3%) pola makan lebih (17,6%), pola makan kurang (12.1%). Uji statistik dengan nilai signifikan p = 0,000 < α = 0,05. Sehingga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pola makan dan status gizi. Mahasiswa diharapkan memperhatikan pola makan yang sesuai dengan gizi seimbang untuk mencapai status gizi yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola makan, status gizi, mahasiswa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 May 2023 08:49
Last Modified: 23 May 2023 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19332

Actions (login required)

View Item View Item