Hubungan Pengetahuan Siswa Dengan Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan Sehat Di UPT SD Negeri 064979 Kecamatan Medan Sunggal

Aristya, Fujianis (2022) Hubungan Pengetahuan Siswa Dengan Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan Sehat Di UPT SD Negeri 064979 Kecamatan Medan Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover new.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II NEW.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Kebiasaan jajan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak sekolah. Namun ada sebuah fenomena yang perlu diwaspadai mengenai jajanan anak sekolah. Seringkali media massa memberitakan berbagai jajanan sekolah ditemukan tidak higienis serta mengandung berbagai zat kimia berbahaya, mulai dari formalin, boraks, sampai zat pewarna berbahaya. Perilaku jajan anak akan berpengaruh terhadap kesehatannya. Sementara, anak sering menjadi korban karena belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang jajanan yang aman. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan siswa dengan perilaku konsumsi makanan jajanan sehat di UPT SD Negeri 064979 Kecamatan Medan Sunggal. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini bejumlah 78 siswa usia 7-12 tahun. Pengumpulan data dilakukan membagikan kusioner. Teknik analisis data menggunakan menggunakan analisis univariat dan bivariat yang menggunakan uji chi-square. Hasil : Uji statistik chi square test diperoleh nilai p value = 0,000 yang berarti nilai p<α (0,05), maka H0 ditolak sehingga diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan siswa dengan perilaku konsumsi makanan jajanan sehat. Kesimpulan : Pada penelitian ini ada terdapat hubungan antara pengetahuan siswa dengan perilaku konsumsi makanan jajanan sehat di SD Negeri 064979 Kecamatan Medan Sunggal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan, Sekolah Dasar
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 May 2023 08:40
Last Modified: 04 Oct 2023 04:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19330

Actions (login required)

View Item View Item