Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigatio (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika SMA Swasta Jaya Krama Beringin Desa Sekip, Kab. Deli Serdang Lubuk Pakam

Aisyah, Nur (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigatio (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika SMA Swasta Jaya Krama Beringin Desa Sekip, Kab. Deli Serdang Lubuk Pakam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (322kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika SMA Swasta Jaya Krama Beringin, Desa Sekip, Kab. Deli Serdang, Lubuk Pakam.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Jaya Krama Beringin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X-A dan X-B yang masing-masing berjumlah 20 orang untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Data diperoleh dari post-test dengan 4 butir soal kemampuan berpikir kritis dan 4 butir soal pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis Fhitung = 0,444 < nilai Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 2,839. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah masalah Fhitung = 4,826 > nilai Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 2,839. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah masalah Fhitung = 3,188 > nilai Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 2,839.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Group Investigation (GI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 May 2023 02:54
Last Modified: 23 May 2023 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19307

Actions (login required)

View Item View Item