Hubungan Citra Tubuh dan Perilaku Makan dengan Status Gizi Pada Remaja Putri di Kelurahan Sei Kera Hilir I Kota Medan

Nabila, Astri (2022) Hubungan Citra Tubuh dan Perilaku Makan dengan Status Gizi Pada Remaja Putri di Kelurahan Sei Kera Hilir I Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Dapus - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Citra tubuh merupakan persepsi seseorang tentang tubuhnya yang berasal dari pikiran dan perasaan orang tersebut. Masa remaja merupakan masa terjadinya perubahan mental, fisik dan psikososial serta masa dimana remaja rentan akan masalah gizi kurang dan lebih karena adanya ketidak seimbangan dalam penyediaan pangan dan perubahan perilaku makan. Perubahan perilaku makan dengan membatasi makanan ialah Restraint Eating, perilaku makan yang bertujuan untuk menghilangkan emosi negatif ialah Emotional Eating, perilaku makan yang berasal dari aroma, rasa makanan ialah External Eating. Berdasarkan survei awal yang dilakukan di Kelurahan Sei Kera Hilir I Kota Medan, didapati permasalahan yaitu remaja putri tidak merasa puas terhadap bentuk tubuhnya dan berkeinginan melakukan penurunan berat badan padahal remaja putri tersebut memiliki status gizi normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dan perilaku makan (restraint eating, emotional eating, external eating) terhadap status gizi berdasarkan IMT pada remaja putri di Kelurahan Sei Kera Hilir I Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji chi square. Penilaian citra tubuh dilakukan menggunakan Body Shape Questionaire (BSQ-16) dan perilaku makan menggunakan Dutch Eating Behavior Questionaire (DEBQ-32) serta pengukuran antropometri meliputi berat badan dan tinggi badan kepada 77 remaja putri. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra tubuh (p=0,000) dan perilaku makan restraint eating (p=0,014) memiliki hubungan dengan status gizi remaja putri (p<0,05) dan tidak ada hubungan antara perilaku makan emotional eating (p=0,132) dan external eating (p=0,932) dengan status gizi. hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara citra tubuh dan restraint eating dengan status gizi pada remaja putri di Kelurahan Sei Kera Hilir I Kota Medan. Dalam hal ini diharapkan remaja lebih menghargai bentuk tubuh sendiri dan menerapkan perilaku makan yang sehat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remaja Putri, Citra Tubuh, Restrain Eating, Emotional Eating, External Eating, Status Gizi (IMT/U)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 May 2023 07:57
Last Modified: 22 May 2023 07:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item