Efektivitas Peraturan Menteri Ketengakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua Terhadap Pekerja Yang Terkena Pemutusan Hubungan Kerja (Studi di Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Berdasarkan Perspektif Fiqih Siyasah)

Panjaitan, M Saad Ramadhani (2023) Efektivitas Peraturan Menteri Ketengakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua Terhadap Pekerja Yang Terkena Pemutusan Hubungan Kerja (Studi di Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Berdasarkan Perspektif Fiqih Siyasah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
02. Cover Saad Ramadhani P.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. Bab 1 Saad Ramadhani P.pdf

Download (937kB)
[img] Text
04. Bab 2 Saad Ramadhani P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
05. Bab 3 Saad Ramadhani P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
06. Bab 4 Saad Ramadhani P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
07. Bab 5 Saad Ramadhani P.pdf

Download (422kB)
[img] Text
08. Dapus Saad Ramadhani P.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jaminan hari tua menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 ialah program jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai badan hukum penyelenggaranya, jaminan hari tua diberikan kepada para peserta (pekerja) yang telah terdata dengan tujuan untuk menjamin agar pekerja yang sudah menjadi peserta menerima uang tunai jika memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia dan semata-mata untuk kesejahteraan di usia tuanya (56 tahun). Sudah menjadi keseharusan bagi pemerintah Kota Medan dan seluruh elemen untuk menjalankan peraturan ini, namun disana sini terdapat beberapa kendala sehingga mengakibatkan tingkat efektivitas peraturan ini jauh dari harapan semestinya. Hal ini mengantarkan penulis untuk melakukan penelitian, adapun fokus masalah dalam skripsi iniialah mengenai aturan tentang tata cara dan persyaratan pemayaran manfaat jaminan hari tua berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022, dan efektvitas peraturan tersebut terhadap pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja di Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan,serta pandangan fiqih siyasah tentang Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022. Dalam penelitian skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian yang berjenis yuridis empiris bersifat penelitian deskriptif analisis. Pendekatan (aproach) digunakan yakni Pendekatan Undang-Undang (Statute Approach) dan Pendekatan Konseptual (Conseptual Approach), serta menggunakan sumber data yaitu primer, sekunder dan tersier. Data primer diperoleh melalui wawancara langsungdari Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022.Data sekunder dan tersier didapatkan dari beragam literatur seperti buku, jurnal, dan internet. Hasil penelitian yang penulis peroleh dalam penelitian yakni aturan serta regulasi yang mengatur tentang jaminan hari tua merupakan Peraturan Menteri Ketenagakejaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang tata cara dan persyaratan pembayaran manfaat jaminan hari tua, namun peraturan tersebut belum efektif dan masih jauh dari yang diharapkan, permasalahan kerap terjadi dikarenakan hubungan antara Perusahaaan dan Pekerja, serta kurangnya pembinaan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan. Fiqih siyasah memandang hal ini masuk dalam ruang lingkup kajian siyaah dusturiyah yaitu membahas segala bentuk perundang-undangan negara. Kemashlahatan ummat dalam kebijakan Perundangan-undangan merupakan tujuan akhir dari ruang lingkup dusturiah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jaminan Hari Tua, Pemutusan Hubungan Kerja. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor2 Tahun 2022, Fiqih Siyasah.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 May 2023 02:11
Last Modified: 22 May 2023 02:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19255

Actions (login required)

View Item View Item