Analisis Penilaian Taksasi Agunan Terhadap Plafon Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah H.M. Joni

Rizky, Aini Fadillah (2022) Analisis Penilaian Taksasi Agunan Terhadap Plafon Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah H.M. Joni. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (949kB)

Abstract

Agunan merupakan salah satu faktor penting dalam penentuan keputusan terhadap plafon pembiayaan, sebab agunan dapat mempengaruhi dalam menentukan berapa besarnya jumlah nilai plafon pembiayaan yang akan dicairkan. Penilaian taksasi agunan merupakan perkiraaan harga tertentu yang dapat menjadi suatu acuan untuk memprediksi harga suatu barang agunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian taksasi agunan terhadap plafon pembiayaan murabahah pada PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah H.M. Joni. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Sumut Kantor Cabang Syariah H.M. Joni dalam melakukan penilaian terhadap agunan dengan menggunakan metode pendekatan data pasar, pendekatan biaya dan pendekatan pendapatan. Mekanisme pengikatan agunan pada Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu H.M. Joni telah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Kendala dan Solusi yang Terjadi Dalam Mentaksasi Barang Agunan di PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah H.M Joni yaitu barang agunan yang dimiliki nasabah belum memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) dan jarak barang agunan nasabah terlalu jauh serta solusi yang diberikan kepada nasabah yaitu mengharuskan nasabah untuk meningkatkan sertifikat agunannya menjadi Sertifikat Hak Milik terlebih dahulu sebelum diagunankan dan menyarankan memilih barang agunan yang mudah di jangkau.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Agunan, Bank Syariah, Murabahah, Plafon Pembiayaan, Taksasi Agunan
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 May 2023 01:47
Last Modified: 22 May 2023 01:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item View Item