Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Pendengaran Subjektif Pada Pekerja Bagian Pengolahan Di Pabrik Kelapa Sawit PTPN IV Kebun Pulu Raja

Siregar, Ummi Silvia (2022) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Pendengaran Subjektif Pada Pekerja Bagian Pengolahan Di Pabrik Kelapa Sawit PTPN IV Kebun Pulu Raja. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER SKRIPSI UMMI SILVIA SIREGAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI UMMI SILVIA SIREGAR.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI UMMI SILVIA SIREGAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI UMMI SILVIA SIREGAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI UMMI SILVIA SIREGAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI UMMI SILVIA SIREGAR.pdf

Download (927kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI UMMI SILVIA SIREGAR.pdf

Download (930kB)

Abstract

Ganguan pendengaran dan efek lain pada sistem pendengaran dapat terjadi karena paparan kebisingan jangka panjang di tempat kerja, tanpa perawatan atau pencegahan apa pun. Keluhan pendengaran subjektif adalah masalah yang disebabkan oleh suara selain gangguan pendengaran. Ini dapat mencakup masalah dengan tubuh, pikiran, dan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang berhubungan dengan keluhan pendengaran subjektif pekerja pengolahan di pabrik kelapa sawit PTPN IV Kebun Pulu Raja. Penelitian cross sectional digunakan dalam penelitian ini bersama dengan teknik analitik kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 56 sampel. Uji chi-square digunakan untuk analisis data, sedangkan pendekatan total sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara umur dengan keluhan pendengaran subjektif (p-value 0,003), masa kerja dengan keluhan pendengaran subjektif (p-value 0,023), serta intensitas kebisingan dengan keluhan pendengaran subjektif (p-value 0,000). Riwayat penyakit telinga tidak berhubungan dengan keluhan pendengaran subjektif (p-value 0,175). Pekerja diharuskan memakai APD setiap saat, dan perusahaan diharuskan melakukan perawatan dan inspeksi rutin pada peralatan yang menghasilkan banyak kebisingan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, Keluhan pendengaran subjektif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 May 2023 07:18
Last Modified: 17 May 2023 07:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item View Item