Upaya Guru BK dalam membantu Siswa menghindari Akhlak Tercela Melalui Layanan Penguasaan Konten di MTs Madinatussalam Sumatera Utara

Dianti, Hesti Nusa (2021) Upaya Guru BK dalam membantu Siswa menghindari Akhlak Tercela Melalui Layanan Penguasaan Konten di MTs Madinatussalam Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI HESTI FIX KALI WM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I WATERMARK.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI WM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
BAB III WM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV WM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP WM.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (965kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana akhlak tercela yang diperlihatkan oleh siswa MTs Madinatussalam Sumatera Utara, 2) Mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam membantu siswa menghindari akhlak tercela di MTs Madinatussalam Sumatera Utara, 3) Mengetahui seperti apa pelaksanaan layanan penguasaan konten yang di lakukan di MTs Madinatussalam Sumatera Utara. Adapun subjek penelitian ini adalah guru BK dan siswa yang menjadi sasaran layanan penguasaan konten.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif denganmetodetriangulasidengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studio dokumentasi.Adapun teknik analisis data dilakukan secara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Akhlak tercela yang sering diperlihatkan siswa di MTs Madinatussalam Suamtera Utara antara lain; melawan guru, tidak menghormati antar sesama teman ataupun orang yang lebih tua, serta tidak mau mengakui kesalahan yang telah di perbuat. 2) Upaya yang dilakuan guru BK dalam membantu siswa menghindari akhlak tercela adalah dengan menegur, memberi nasihat, memberikan layanan bimbingan konseling, membuat dan memberikan surat panggilan orang tua, melakukan pertemuan dengan orang tua, siswa,serta wali kelas, dan melakukan kunjungan rumah 3) Pelaksanaan layanan penguasaan konten di MTs Madinatussalam Sumatera Utara sudah sesuai dengan pedoman dan petunjuk pelaksanaan. Akan tetapi layanan penguasaan konten belum sepenuhnya dapat membantu siswa menghindari akhlaktercela.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK, Akhlak Tercela, Penguasaan Konten
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 May 2023 07:08
Last Modified: 15 May 2023 07:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19197

Actions (login required)

View Item View Item