Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah Di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Khalipah

Fazira, Putri (2023) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah Di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Khalipah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kekurangan asupan zat besi pada ibu hamil dapat mengakibatkan anemia pada kehamilan. Prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 meningkat menjadi 48,9% dibandingkan hasil sebelumnya pada tahun 2013 sebanyak 37,1%. Cara menanggulangi anemia kehamilan yang dapat dilakukan adalah dengan cara pemberian tablet tambah darah untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet tambah darah di wilayah kerja Puskesmas Bandar Khalipah. Jenis penelitian ini adalah metode observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Data penelitian diperoleh menggunakan kuesioner dengan 92 responden peserta ibu hamil yang mendapatkan tablet tambah darah di wilayah kerja Puskesmas Bandar Khalipah. Data di analisis menggunakan uji chi-square (α = 0,05). Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel yang berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet tambah darah di wilayah kerja Puskesmas Bandar Khalipah yaitu Pengetahuan (ρ = 0,015), Dukungan Keluarga (ρ = 0,030), dan Peran Petugas Kesehatan (ρ = 0,004). Diharapkan bagi ibu hamil untuk rutin mengkonsumsi tablet tambah darah sebanyak 90 tablet selama masa kehamilan untuk mencegah terjadinya anemia pada kehamilan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Ibu Hamil, Tablet Tambah Darah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 May 2023 03:40
Last Modified: 15 May 2023 03:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19187

Actions (login required)

View Item View Item