Analisis Soal Kognitif Pada Buku Teks Biologi Kelas X Berdasarkan Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Swasta Sri Langkat

Mutia, Maghfira (2021) Analisis Soal Kognitif Pada Buku Teks Biologi Kelas X Berdasarkan Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Swasta Sri Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian soal - soal kognitif pada buku teks biologi SMA/MA Kelas X berdasarkan Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) serta respon dari guru Biologi terkait dengan soal – soal kognitif yang ada di dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis soal dalam penelitian ini menggunakan buku teks Biologi kelas X SMA/MA edisi revisi karya Irnaningtyas dari penerbit Erlangga. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis dokumen dengan tanda check list dan lembar instrumen wawancara respon guru. Pedoman yang digunakan dalam analisis soal adalah indikator kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hasil penelitian menyatakan terdapat sebanyak 170 soal yang tergolong kedalam soal tipe HOTS dengan persentase sebaran soal menganalisis (C4) 87,6%, soal mengevaluasi (C5) 9,4%, dan soal menciptakan 2,9%. Respon guru terhadap soal kognitif yang ada di dalam buku tes Biologi Kelas X menyatakan bahwa penulisan soal sudah sesuai dengan indikator yang terdapat dalam kurikulum dan sebagian soal yang termuat dalam buku tersebut telah memenuhi syarat – syarat kriteria tipe soal HOTS. Maka dapat disimpulkan bahwa soal kognitif yang telah dianalisis berdasarkan tipe HOTS pada buku teks Biologi kelas X di SMA Swasta Sri Langkat dinyatakan telah valid dan telah sesuai dengan indikator kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Soal, Buku Teks Biologi, Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 May 2023 08:12
Last Modified: 11 May 2023 08:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19154

Actions (login required)

View Item View Item