Pengaruh Media Leaflet Dan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Kebersihan Genitalia Remaja Putri Di Pesantren Irsyadul Islamiyah

Putri, Retno Dwiyan (2022) Pengaruh Media Leaflet Dan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Kebersihan Genitalia Remaja Putri Di Pesantren Irsyadul Islamiyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kebersihan diri merupakan langkah awal mewujudkan pola hidup sehat. Adanya pola hidup sehat akan berdampak pada kesehatan manusia. Kebersihan diri atau personal hygiene merupakan perawatan diri sendiri yang dilakukan untuk mempertahakan kesehatan. Organ reproduksi merupakan daerah tertutup dan berlipat sehingga lebih mudah untuk berkeringat, lembab, dan kotor. Sikap dan perilaku yang buruk dalam menjaga kebersihan genitalia, seperti mencucinya dengan air kotor, memakai pembilas secara berlebihan, menggunakan celana yang tidak menyerap keringat, jarang mengganti celana dalam, dan tak sering mengganti pembalut dapat menjadi pencetus timbul infeksi. Jadi, pengetahuan dan sikap dalam menjaga kebersihan genitalia eksternal merupakan faktor penting dalam pencegahan infeksi. Metode: Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan pendekatan one group pretest dan posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah 52 orang santriwati Aliyah Pondok Pesantren Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan. Hasil Penelitian: Hasil analisis bivariate menunjukkan bahwa ada peingkatan pengetahuan dengan menggunakan media promosi kesehatan leaflet dan video animasi dengan p<0,001. Terdapat pula peningkatan sikap dengan menggunakan media promosi kesehatan leaflet dan video animasi dengan p<0,001. Kesimpulan: promosi kesehatan menggunakan media leaflet dan media video animasi dapat digunakan dalam penyampaian informasi kesehatan yang efektif untuk mengubah dan meningkatkan pengetahuan dan sikap.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Promosi Kesehatan, Leaflet dan Video Animasi, Kebersihan Area Genitalia.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 May 2023 05:10
Last Modified: 11 May 2023 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19142

Actions (login required)

View Item View Item