Hubungan Sanitasi Lingkungan Dan Personal Hygiene Dengan Keluhan Penyakit Kulit Infeksi Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Sicanang Kota Belawan

Saragih, Putri Indah Sari (2023) Hubungan Sanitasi Lingkungan Dan Personal Hygiene Dengan Keluhan Penyakit Kulit Infeksi Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Sicanang Kota Belawan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah keluhan penyakit kulit infeksi masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia, keluhan penyakit kulit sering ditemukan pada semua usia termasuk pada anak-anak yang terjadi akibat berbagai faktor, antara lain faktor kurang memperhatikan kebersihan diri (personal hygiene) dan sanitasi lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan sanitasi lingkungan dan personal hygiene dengan keluhan penyakit kulit infeksi pada anak usia sekolah dasar di wilayah Kerja Puskesmas Sicanang Kota Belawan. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian cross sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling yang berjumlah 96 sampel. Data diperoleh berdasarkan data primer dan data sekunder. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji chi-square (nilai alpha cronbach 0,005). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa ada hubungan yang signifikan antara sarana air bersih dengan keluhan penyakit kulit infeksi p=0,017, tidak ada hubungan yang signifikan antara jamban (sarana pembuangan kotoran) dengan keluhan penyakit kulit infeksi p=0,178, tidak ada hubungan antara SPAL dengan keluhan penyakit kulit infeksi p=0,544, tidak ada hubungan antara sarana pembuangan sampah dengan keluhan penyakit kulit infeksi p=0,746, ada hubungan signifikan antara kebersihan kulit dengan penyakit kulit infeksi p=0,004, ada hubungan signifikan antara kebersihan tangan, kaki dan kuku dengan keluhan penyakit kulit infeksi p=0,000, ada hubungan signifikan antara kebersihan handuk dengan keluhan penyakit kulit infeksi p=0,041, ada hubungan signifikan antara kebersihan pakaian dengan keluhan penyakit kulit infeksi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi Lingkungan, Personal Hygiene, Keluhan Penyakit Kulit Infeksi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 May 2023 03:12
Last Modified: 11 May 2023 03:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19134

Actions (login required)

View Item View Item