Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Talk-Write dan Learning Start with a Question pada Materi Trigonometri di kelas X SMKS Sinar Husni Tahun Ajaran 2020/2021

Armila, Ade Siti (2021) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Talk-Write dan Learning Start with a Question pada Materi Trigonometri di kelas X SMKS Sinar Husni Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ADE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 ADE.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB 2 ADE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB 3 ADE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB 4 ADE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB 5 ADE.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Learning Start with a Question pada matei kubus dan balok di kelas X SMKS Sinar Husni Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh kelas X yang berjumlah 5 kelas. Sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas yaitu kelas X1 berjumlah 30 siswa dan X2 berjumlah 30 siswa, sehingga sampel seluruhnya berjumlah 60 siswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika adalah tes yang berbentuk soal essay yang sudah divalidasi berjumlah 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensi. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write lebih baik pada materi trigonometri; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Learning Start with a Question cukup baik pada materi trigonometri. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang berkemampuan penalaran induktif maupun deduktif lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dari pada pembelajaran koorperatif tipe Learning Start with a Question

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, strategi pembelajaran Kooperatif Think- Talk-Write dan strategi pembelajaran Learning Start with a Question
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 08:19
Last Modified: 09 May 2023 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19126

Actions (login required)

View Item View Item