Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Tapanuli Selatan (Salacca sumatrana becc) Pada Materi Plantae

Nhasriyah, Kholidatun (2022) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Tapanuli Selatan (Salacca sumatrana becc) Pada Materi Plantae. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dari hasil wawancara dengan guru biologi di MAN 1 Padangsidimpuan diketahui kurangnya minat siswa terhadap materi kingdom plantae. Hal tersebut dikarenakan bahan ajar tidak bervariasi. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul yang berbasis potensi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berupa modul berbasis potensi lokal Tapanuli Selatan pada materi plantae yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai kevalidan bahan ajar berdasarkan penilaian ahli materi adalah 95,8% dan ahli media adalah 81,3%. Sedangkan persentase nilai kepraktisan bahan ajar berdasaran dari respon pendidik dan peserta didik sebesar 81,7% dan 80,7%. Sementara untuk keefektifan bahan ajar yang dikembangkan memperoleh persentase nilai sebesar 80,7% berdasarkan dari ketuntasan peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Sehingga bahan ajar berbasis potensi lokal Tapanuli Selatan (Salacca sumatrana becc) pada materi Plantae yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Potensi Lokal, Tumbuhan Salak, Materi Kingdom Plantae
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 06:05
Last Modified: 09 May 2023 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19123

Actions (login required)

View Item View Item