Kreativitas Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP IT Nurul Hadina Kecamatan Patumbak

Nasution, Nurhaliza (2022) Kreativitas Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP IT Nurul Hadina Kecamatan Patumbak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (821kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari isu tentang masih banyak sekolah yang kreativitas gurunya dalam mengelola pembelajaran belum memadai. Hal ini tercermin dari kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran belum memadai, seperti dalam penyusunan rencana pembelajaran yang cenderung monoton atau tidak memahami setiap pengembangan tahun pelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang belum menggunakan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang cenderung menggunakan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diolah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru PAI, kepala sekolah serta peserta didik. Obyek dalam penelitian ini ialah kreativitas guru dalam pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP IT Nurul Hadina Kecamatan Patumbak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa bentuk kreativitas yang dilakukan guru PAI di SMPIT Nurul Hadina dalam mengelola pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yaitu Pertama, guru menerapkan berbagai metode pembelajaran yaitu metode ceramah dan metode diskusi. Kedua, guru menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan. Ketiga, guru Menciptakan interaksi interaktif antara pendidik dengan peserta didik ketika pembelajaran berlangsung. Keempat, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan yang Kelima, yaitu mengatasi kesulitan belajar peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pengelolaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 04:17
Last Modified: 09 May 2023 04:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19117

Actions (login required)

View Item View Item