Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Kelas X SMAN 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam T.A 2021/2022

Hazriyati, Nur (2022) Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Kelas X SMAN 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (924kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (549kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (264kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keterampilan metakognitif siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika, 2) Keterampilan metakognitif siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal matematika, 3) Keterampilan metakognitif siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Tes Soal, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan kategorisasi data. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi Waktu. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat diketahui bahwa ketercapaian tahap keterampilan metakognitif ketiga subjek pada kelas X SMAN 1 Simpang Kiri pada keterampilan metakognitif dilihat dari tahap Polya. Subjek T menampilkan keterampilan metakognitif sangat baik, dilihat dari Planning, subjek merencanakan soal dengan baik dan dapat memprediksi waktu dengan tepat. Sedangkan Monitoring, subjek mengerjakan soal dengan baik sehingga tidak adanya kesalahan perhitungan pada soal. Dan Evaluasi, subjek mampu membuktikan jawaban tersebut benar atau salah. Subjek S menampilkan keterampilan metakognitif dengan baik, dilihat dari Planning, dapat mempresiksi waktu dengan tepat. Sedangkan Monitoring, subjek mengerjakan soal dengan baik tetapi terdapat beberapa kesalahan perhitungan pada soal. Dan Evaluasi, subjek mampu membuktikan jawaban tersebut benar atau salah. Subjek R menampilkan keterampilan metakognitif kurang baik, dilihat dari Planning, subjek tidak mampu memprediksi waktu dengan tepat. Sedangkan Monitoring, subjek mengerjakan soal kurang baik dan terdapat banyak kesalahan perhitungan bahkan tidak adanya jawaban pada soal. Dan Evaluasi, subjek tidak mampu membuktikan jawaban tersebut benar atau salah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 May 2023 03:07
Last Modified: 05 May 2023 03:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19046

Actions (login required)

View Item View Item