Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Alat Kontrasepsi oleh Pasangan Usia Subur (PUS) di Wilayah Kerja Puskesmas Sindar Raya

Sinaga, Dwi Sania (2022) Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Alat Kontrasepsi oleh Pasangan Usia Subur (PUS) di Wilayah Kerja Puskesmas Sindar Raya. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DWI.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB 1 DWI.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB 2 DWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB 3 DWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB 4 DWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB 5 DWI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAPUS DWI.pdf

Download (899kB)

Abstract

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa menggunakan kontrasepsi adalah tindakan yang membantu individu atau pasangan yang sudah menikah dalam mencapai tujuan tertentu, mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, mengontrol jarak kehamilan, dan memutuskan jumlah anak dalam keluarga. Banyaknya calon pengguna kontrasepsi yang terkadang kesulitan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang tepat adalah akibat dari banyaknya teknik kontrasepsi. Karena kurangnya kesadaran masyarakat akan manfaat Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), pemanfaatan metode kontrasepsi jangka panjang saat ini masih cukup rendah. Peningkatan penggunaan alat Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), seperti IUD, Implan dan Sterilisasi merupakan salah satu upaya untuk melaksanakan program KB itu sendiri sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2004-2009. Bentuk penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross- sectional untuk mengamati dinamika interaksi antara variabel bebas dan terikat. Lokasi Penelitian yaitu Puskesmas Sindar Raya, pada bulan Februari hingga Agustus 2021. Di lingkungan kerja Puskesmas Sindar Raya, hasil penelitian mengungkapkan adanya hubungan yang yang signifikan antara pengetahuan, tingkat pendidikan, fasilitas kesehatan, dan dukungan pasangan terhadap pemilihan alat kontrasepsi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan alat kontrasepsi; Pasangan Usia Subur
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 May 2023 02:51
Last Modified: 05 May 2023 02:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19043

Actions (login required)

View Item View Item