Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi pada Pokok Bahasan SPLDV di Kelas VIII MTs Al-Hikmah Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2020/2021

Zila, Nur Farah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi pada Pokok Bahasan SPLDV di Kelas VIII MTs Al-Hikmah Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER._.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis video animasi pada materi SPLDV yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik di kelas VIII MTs Al-Hikmah Tebing Tinggi sebanyak 25 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan dan kepraktisan media dan tes hasil belajar peserta didik untuk melihat kevalidan dan kepraktisan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran sebesar 4,2 dengan kategori sangat baik/valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 80,4% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru matematika sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keefektifan dari media pembelajaran berdasarkan hasil ketuntasan belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran matematika sebesar 84% dan setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa t hitung = 12,317 dan t tabel = 2,064 sehingga adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest karena t hitung > t tabel begitu juga dengan n-gain diperoleh 0,52 dengan kategori sedang yang berarti bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian media pembelajaran berbasis video animasi dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, SPLDV
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 May 2023 02:48
Last Modified: 05 May 2023 02:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19042

Actions (login required)

View Item View Item