Pengaruh Postur Kerja Terhadap Keluhan Musculoskeletal Karyawan Cleaning Service di Kampus IV Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Azwar, Johan (2023) Pengaruh Postur Kerja Terhadap Keluhan Musculoskeletal Karyawan Cleaning Service di Kampus IV Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (936kB)

Abstract

Adapun posisi kerja seorang petugas kebersihan antara lain membungkuk, jongkok, berjalan dan sesekali memanjat suatu objek yang tidak dapat digenggam langsung dengan tangan. Keluhan yang kerap muncul bagi petugas kebersihan tersebut adalah nyeri otot sekitar vertebrae yang disebabkan postur kerja salah dan berlangsung dengan durasi yang panjang (Ismaningsih dkk., 2019). Postur kerja yang kurang tepat dalam pelaksanaannya ini dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Hal ini perlu untuk dihindari sebagaimana diajarkan dalam islam dimana diajarkan agar manusia untuk menjaga mata, telinga, mulut dan hati. Dan disebutkan dalam firman Allah SWT: (Q.S. l Isra’/17: 36).Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang menggunakan desain cross sectional. Definisi operasional yaitu arti setiap variabel penelitian sebelum analisis penelitian dilakukan. Berdasarkan uji statistik hubungan postur kerja dengan keluhan musculoskeletal disorders menggunakan uji chi square didapatkan nilai p = 0,000 (< 0,05) maka Ha diterima sehingga ada pengaruh antara postur kerja dengan keluhan musculoskeletal disorders pada petugas kebersihan di Kampus IV Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Nilai Odds Ratio (OR) = 30,536 yang menunjukkan bahwa petugas kebersihan yang mempunyai postur kerja berat mempunyai Odds ratio 30,536 kali lebih tinggi untuk mengalamai musculoskeletal disorders tinggi dibanding petugas kebersihan yang beban kerjanya ringan. Peningkat keluhan musculoskeletal disorders pada petugas kebersihan di Kampus IV UIN Sumatera Utara tergolong baik dan tidak beresiko hal ini dibuktikan dengan frekuensi musculoskeletal disorder responden pada Kateori rendah sebanyak 40 (88,9%) kategori tinggi sebanyak 5 (11,1%) dari jumlah sampel. Jadi frekuensi musculoskeletal disorder terbanyak yaitu pada kategori rendah sebanyak 40 responden atau 88,9% dari jumlah sampel.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Postur Kerja, Keluhan Musculoskeletal, REBA, Odds Ratio
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 May 2023 02:36
Last Modified: 05 May 2023 02:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19032

Actions (login required)

View Item View Item