Analisis Peran Perangkat Desa Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Sukarame Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara)

Yuliana, Yuliana (2022) Analisis Peran Perangkat Desa Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Sukarame Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Yuliana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Yuliana.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB II Yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III Yuliana..pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV Yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB V Yuliana.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Yuliana.pdf

Download (584kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perangkat desa pada Desa Sukarame kecamatan kualuh hulu kabupaten labuhanbatu utara dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang yang merupakan perangkat desa sukarame yaitu : Ketua BPD, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Kaur Pembangunan, Kaur Pemerintah, Kaur Umum, dan Kepala Dusun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa bahwa aparatur desa Sukarame sudah mempertanggungjawabkan sepenuhnya pada anggaran periode tahun 2020, hal tersebut dibutkikan dengan papan infografis yang diletakkan di depan kantor kepala desa. selain perangkat desa sudah menjalankan tanggungjawabnya masing-masing disetiap tugasnya dalam hal pembangunan sarana dan prasaran yang dibuktikan dengan pengaspalan jalan, pembangunan aliran parit, bantuan siswa miskin/ berprestasi, serta juga sudah adanya transparansi dan keterbukaan pemerintah desa sebagai pengelola dana desa kepada masyarakat dalam bentuk informasi penggunaan dana. namun dikarenanya keterbatasan pengetahuan masyarakat yang tidak tau menau soal papan infografis di depan kantor kepala desa serta juga memang pelaksanaan penyaluran dana tersebut dirasa sangat lambat sehingga membuat bertambah timbulnya prasangka buruk masyarakat desa kepada aparatur desa. Analisis tersebut juga didukung oleh kenyataan rendahnya faktor pendidikan masyarakat desa sukarame serta ketidakpeduliannya masyarakat desa tersebut. jadi secara keseluruhan peran perangkat desa sudah sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 113 tahun 2014 yang dikelola dengan Transparan, Akuntabel, Partisipatif, Tertib dan disiplin anggaran. Kata Kunci : Perangkat desa, Akuntabilitas, Pengelolaaan Dana Desa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perangkat desa, Akuntabilitas, Pengelolaaan Dana Desa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 May 2023 01:35
Last Modified: 15 Dec 2023 02:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18991

Actions (login required)

View Item View Item