Hubungan Personal Higiene Santri Terhadap Kejadian Penyakit Skabies Di Pondok Pesantren Modren Al – Hasyimiyah Kota Tebing Tinggi

Siregar, Kartika Aulia (2023) Hubungan Personal Higiene Santri Terhadap Kejadian Penyakit Skabies Di Pondok Pesantren Modren Al – Hasyimiyah Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Angka kejadian skabies pada tahun 2014 sebanyak 130 juta orang di dunia. Penyakit skabies banyak dijumpai di Indonesia, hal ini disebabkan Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Data terakhir yang didapat tercatat prevalensi skabies di Indonesia tahun 2013 yakni sebesar 6%. Walaupun terjadi penurunan prevalensi namun dapat dikatakan bahwa Indonesia belum terbebas dari penyakit skabies dan masih menjadi salah satu masalah penyakit menular di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku kebersihan perseorangan dengan kejadian skabies di Pondok Pesantren Modern Al- Hasyimiyah. Metode penelitian ini merupakan studi penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan metode total sampling. Data yang diambil merupakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dan kuesioner. Penilaian perilaku anak serta observasi penilaian terhadap sanitasi lingkungan pesantren. Hasil penelitian ini adalah terdapat 35 kasus kejadian scabies (43.8%), kebiasaan perawatan kulit buruk 70.0%, kebiasaan menjaga kebersihan pakaian buruk 77.5%, kebiasaan perawatan genetalia baik 68.7%, kebiasaan membersihkan tangan, kaki dan kuku buruk 67.5%, kebiasaan menjaga kebersihan handuk buruk 70.0% serta kebiasaan menjaga kebersiahan tempat tidur dan sprei buruk 90.0%. Adapaun variabel yang berhubungan dengan kejadian scabies adalah kebiasaan perawatan kulit (p-value : 0.007) dan kebiasaan menjaga kebersihan handuk (p-value : 0.007. Dengan demikian disarankan kepada para santri/santriwati agar selalu menjaga dan meningkatkan personal higiene yang mana berguna untuk mencegah terjadinya ataupun tersebarnya penyakit skabies.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: skabies, personal higiene, pondok pesantren.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 May 2023 01:25
Last Modified: 03 May 2023 01:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18989

Actions (login required)

View Item View Item