Penerapan Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien (Studi Kasus: Klinik Candra Rama Medika)

Ramadhani, Muthia (2022) Penerapan Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien (Studi Kasus: Klinik Candra Rama Medika). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ....pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepuasan adalah suatu kondisi yang dimana seseorang merasa nyaman dan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang ia harapkan. Dimana kepuasan di dapat melalui suatu jasa pelayanan yang disediakan oleh suatu perusahaan penyedia jasa tersebut. Pelayanan merupakan suatu perbuatan atau perlakuan yang dilakukan agar dapat menolong, menyambut, membalas, memuaskan dan membantu menyediakan yang diperlukan oleh orang lain. Dari pernyataan diatas pelayanan kesehatan adalah salah satu pelayanan yang sangat penting dalam menunjang kesehatan serta keberlangsungan hidup sumber daya manusia (SDM) di masa yang akan datang. Dimana pada penelitian ini untuk mengukur tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Tingkat kepuasan pasien diukur dengan menggunakan 5 parameter dan 2 label atau kelas. Berdasarkan dari data set yang dijadikan 80 data training dan 20 data testing atau data uji. Dari hasil pengujian akhir yang dilakukan memanfaatkan pendekatan Naive Bayes di dapatkan tingkat akurasinya adalah 100% diikuti oleh 100% untuk presisi terakhir adalah 100% untuk recall. Kesimpulan salah satu rekomendasi untuk memprediksi tingkat kepuasan pasien adalah dengan menggunakan model pengujian seperti Algoritma Naive Bayes.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NaiveBayes, Klasifikasi, Kepuasan Pasien.
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 May 2023 01:13
Last Modified: 03 May 2023 01:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18987

Actions (login required)

View Item View Item