Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Bongkar Muat Kelapa Sawit Di Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang

Ramadhan, Syahrul (2023) Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Bongkar Muat Kelapa Sawit Di Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SYAHRUL RAMADHAN-1.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB 1 SYAHRUL RAMADHAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II SYAHRUL RAMADHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III SYAHRUL RAMADHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV SYAHRUL RAMADHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V SYAHRUL RAMADHAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) adalah keluhan pada bagian otot-otot skeletal yang dirasakan seseorang mulai dari keluhan yang sangat ringan sampai berat. Jika dalam hal ini otot menerima beban statis secara berulang dan dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan kerusakan pada otot, saraf, tendon, persendian, kartilago dan discus intervetebrata. Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) yang sering timbul pada pekerja angkut adalah nyeri punggung, nyeri leher, nyeri pada bahu, siku dan kaki.Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (Mix Method), yaitu memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keluhan Musculoskeletal Disorders. Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui faktor umur, kebiasaan merokok dan masa kerja. Sedangkan metode kualitatif digunakan untuk mengetahui beban kerja apa yang menyebabkan terjadinya keluhan musculoskeletal disorders. Keluhan yang diderita pekerja ialah sakit hampir keseluruh tubuh dan paling sakit dirasakan dibagian bahu dan pinggang, keluhan beban kerja Musculoskeletal Disorders yang terjadi dikarenakan adanya pembebanan kerja fisik yang cukup berat dan berulang.keluhan mulai dirasakan Saat usia pekerja 35 tahun dan semakin meningkat seiringan dengan tambahnya usia, kebiasaan merokok tidak mempengaruhi hubungan dengan keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs).Saat terjadi keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) ringan pekerja dianjurkan untuk istirahat dan bisa kembali bekerja saat cidera sudah pulih, jika terjadinya keluhan MSDs berat pada pekerja maka disarankan untuk berhenti bekerja sebagai bongkar muat untuk menghindari kecacatan, Pekerja bongkar muat disarankan tidak mengangkat beban lebih dari 20 kg, jika berat beban lebih dari 20 kg maka mengangkat beban tersebut kedalam truk lebih dari 1 orang pekerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluhan Musculoskeletal, Bongkar Muat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:05
Last Modified: 18 Apr 2023 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18911

Actions (login required)

View Item View Item