Ningsih, Ummy Widya (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Tematik Di Mis Alwashliyah Medan Krio. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
bab V.pdf Download (190kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini untuk mengetahui : 1) implementasi pendidikan karakter siswa dalam kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Tematik di Mis Alwashliyah Medan Krio 2) hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter siswa dalam kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid - 19 pada Pembelajaran Tematik di Mis Alwashliyah Medan Krio. Jenis Penelitian Ini adalah penelitian kualitatif yang mengarah pada prosedur penelitian yang menghasilkan data deksriktif betrupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang diamati. Data Primer di dalam penelitian skripsi ini adalah Kepala Sekolah dan Wali Kelas IVA sedangkan data sekunder dari penelitian skripsi ini adalah siswa/i kelas IVA, dalam proses pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan tiga metode alam pengumpulan data yaitu, a) observasi tidak terstruktur, b) wawancra, c) dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan cara a) reduksi data, b) penyajian data, c) kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diambil kesimpulan bahwa 1) Implementasi penerapan pendidikan karakter di kelas IV Mis Al- Washliyah Medan Krio selama masa pandemic covid- 19 guru melihat pengimplemntasian pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik yang berkaitan dengan RPP dan Silabus dalam tahap perencanaan pembelajaran yaitu (a) Pendidikan Karakter Religius, (b) Pendidikan Karakter Disiplin, (c) Pendidikan Karakter Jujur, pendidikan (d) dan pendidikan karakter tanggung jawab. 2) Hambatan dalam pengimplementasian Pendidikan Karakter siswa selama masa pandemic covid-19 yaitu diantaranyaa: a) Faktor eksternal yaitu keluarga b) Kurangnya kesadaran siswa dalam menaati peraturan dalam proses pembelajaran selama masa pandemic covid-19, (c) Kurangnya kepedulian siswa terhadap tugasnya masih kurang, (d) Kejujuran siswa dalam mengerjakan tugas masih kurang.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 05:33 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 05:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18906 |
Actions (login required)
View Item |