Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Sikap Percaya Diri Pada Materi Interaksi Sosial Siswa Kelas Vii Mts Matahari Batang Kuis

Harahap, Annisa Dinda Hasanah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Sikap Percaya Diri Pada Materi Interaksi Sosial Siswa Kelas Vii Mts Matahari Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (665kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui sikap percaya diri siswa MTs Matahari Batang Kuis 2) Mengetahui Penerepan Model Role Playing dikelas VII MTs Matahari Batang Kuis 3) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap sikap percaya diri siswa/I MTs Matahari Batang Kuis. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 52 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, sikap percaya diri siswa pada materi Interaksi sosial dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah dengan nilai rata-rata 76,34. Sikap Percaya diri siswa pada materi Interaksi sosial dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing adalah dengan nilai rata- rata 79,76. Hasil uji “t” diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,764 > 2,009 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan model pembelajaran Role Playing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap percaya diri siswa pada materi Interaksi sosial di MTs Matahari.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing dan sikap percaya diri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Apr 2023 05:06
Last Modified: 16 Apr 2023 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18852

Actions (login required)

View Item View Item