Youtube dan Perkembangan Sosio-Emosional Balita (Studi Kasus di Kalangan Ibu-ibu yang Bekerja di Kelurahan Pelawi Utara Kecamatan Babalan)

Rifda, Saidati Ismaha (2022) Youtube dan Perkembangan Sosio-Emosional Balita (Studi Kasus di Kalangan Ibu-ibu yang Bekerja di Kelurahan Pelawi Utara Kecamatan Babalan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER JILID SKRIPSI SAIDATI-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI SAIDATI.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II JILID SKRIPSI SAIDATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III JILID SKRIPSI SAIDATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV JILID SKRIPSI SAIDATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V JILID SKRIPSI SAIDATI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI SAIDATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama durasi penggunaan youtube bagi balita dan bagaimana dampak youtube terhadap perkembangan sosio- emosional balita di Kelurahan Pelawi Utara Kecamatan Babalan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 4 orang ibu-ibu yang bekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para ibu-ibu yang bekerja memberikan youtube secara sengaja kepada anak yang menyertai ibunya saat bekerja dengan tujuan agar anak tidak mengganggu pekerjaan orang tua, membuat anak menjadi tenang dan tidak merasa bosan, serta dianggap sebagai pengganti peranan orang tua untuk menghibur dan menemani anak saat ibu sedang melakukan pekerjaannya. Pemberian youtube dengan tujuan tersebut membuat para ibu-ibu yang bekerja tidak membatasi durasi waktu penggunaan youtube pada anak demi berlangsungnya pekerjaan sampai selesai. Sehingga hal ini menyebabkan anak mengalami kecanduan youtube yang menimbulkan berbagai dampak terhadap perkembangan sosio-emosional anak balita. Dari hasil penelitian bahwa pemberian youtube tersebut memberikan dampak positif dan dampak negatif terhadap perkembangan sosio-emosional anak balita. Akan tetapi perbandingan dari kedua dampak tersebut menyatakan bahwa anak balita yang diberikan youtube secara bebas tanpa ada batasan durasi waktu penggunaannya lebih banyak memperoleh dampak negatif seperti anak menjadi lebih mudah marah dan mudah menangis, menjadi lebih acuh dan tidak peduli dengan keadaan sekitar, menjadi kurang berminat dalam bersosialisasi, menjadi sulit diatur oleh orang tua dan sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: YouTube, Perkembangan Sosio-emosional, Balita.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Apr 2023 04:25
Last Modified: 16 Apr 2023 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18846

Actions (login required)

View Item View Item