Penerapan Teknik Self Monitoring untuk Meningkatkan Etika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kotapinang

Sibarani, Nurhasanah (2023) Penerapan Teknik Self Monitoring untuk Meningkatkan Etika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kotapinang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NURHASANAH SIBARANI 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I NURHASANAH SIBARANI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II NURHASANAH SIBARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III NURHASANAH SIBARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV NURHASANAH SIBARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V NURHASANAH SIBARANI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN NURHASANAH SIBARANI.pdf

Download (837kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kondisi etika siswa sebelum melakukan teknik Self Monitoring siswa kelas VII, kondisi etika siswa setelah melakukan teknik Self Monitoring siswa kelas VII, dan untuk mengetahui pengaruh teknik Self Monitoring terhadap etika siswa kelas VII di SMP N 1 Kotapinang. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, daftar checklist dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) sebelum melakukan penerapan self monitoring terhadap siswa kelas VII masih banyaknya siswa yang mengalami masalah rendahnya etika dengan karakteristik seperti melawan dan membantah setiap arahan yang diberikan oleh guru. Tidak hanya itu siswa juga sering mengeluarkan kata-kata kotor kepada teman-temannya baik itu di dalam ataupun di luar kelas. Adapun siswa yang berpakaian tidak sesuai ketentuan sekolah seperti mengeluarkan baju saat di lingkungan sekolah. Hal ini sangat jelas terlihat saat proses pembelajaran ataupun di luar proses pembelajaran. (2) setelah dilakukan penerapan self monitoring etika siswa sudah dikatakan meningkat, terlihat jelas dengan perubahan siswa setelah diberikan teknik self monitoring dari jumlah keseluruhan 30 siswa terdapat 10 siswa yang mengalami masalah rendahnya etika, maka dari itu diberikan teknik self monitoring pada siklus I terdapat 4 siswa yang mengalami peningkatan etika, hal itu belum dikatakan berhasil. Diberikan kembali teknik self monitoring pada siklus II terdapat 9 siswa yang mengalami peningkatan etika, hal ini sudah dikatakan berhasil. (3) Self Monitoring memiliki pengaruh terhadap peningkatan etika siswa kelas VII-6. Jika siswa mampu untuk melakukan self monitoring sendiri maka siswa tersebut akan merasa jika melakukan kesalahan yang tidak di sadari.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Monitoring, etika, siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Apr 2023 03:55
Last Modified: 16 Apr 2023 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18841

Actions (login required)

View Item View Item