Pengembangan Argowisata Dengan Pendekatan Community Based Tourism (Studi Kasus Di Paloh Naga, Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu)

Hadziyah, Idzni (2023) Pengembangan Argowisata Dengan Pendekatan Community Based Tourism (Studi Kasus Di Paloh Naga, Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Idzni Hadziyah (2023), “Pengembangan Agrowisata Dengan Pendekatan Community Based Tourism (Studi Kasus Di Paloh Naga, Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu)” di bawah bimbingan Dr. Saparuddin, SE, Ak, M.Ag sebagai Pembimbing Skripsi I dan Juliana Nasution, ME sebagai Pembimbing Skripsi II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan agrowisata dengan menggunakan pendekatan Community Based Tourism, faktor penghambat, dan peluang usaha dengan adanya Agrowisata Paloh Naga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif melalui indikator perencanaan, sarana dan prasarana, pemberdayaan masyarakat, adat istiadat, kolaborasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Agrowisata Paloh Naga memiliki perencanaan yang baik dari segi pengembangan agrowisata dan promosi. Kerjasama dalam pengembangan sarana dan prasarana perlu ditingkatkan, sarana dan prasarana yang disediakan lebih dikembangkan dengan menambah spot foto dan taman bermain anak. Pemberdayaan masyarakat, telah terbentuk pola pikir sadar wisata pada masyarakat. Adat istiadat tetap terus dilestarikan sehingga budaya yang ada tidak hilang akan zaman dan kesejahteraan masyarakat meningkat. Kolaborasi dilakukan dengan pihak BUMN, Dinas Pariwisata Kabupaten Deli Serdang dalam hal penyediaan anggaran pembangunan sarana dan prasarana. Kendala dalam pengembangan Agrowisata Paloh Naga kurangnya anggaran dana untuk melakukan perencanaan dalam pengembangan kedepan dan peningkatan pada sarana dan prasarana. Peluang usaha dengan adanya Agrowisata Paloh Naga sangat membantu masyarakat dalam meningkat perekonomian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:14
Last Modified: 12 Apr 2023 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18724

Actions (login required)

View Item View Item