Pengaruh gaya hidup, media sosial dan lingkungan terhadap perilaku konsumsi di masa pandemi menurut ekonomi islam (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan)

Hasanah, Nurma (2022) Pengaruh gaya hidup, media sosial dan lingkungan terhadap perilaku konsumsi di masa pandemi menurut ekonomi islam (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumsi Di Masa Pandemi Menurut Ekonomi Islam. Metode kuantitatif dan pendekatan asosiatif digunakan dalam penelitian ini, kuisioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data, serta populasi dan sampel berjumlah 94 orang. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Gaya Hidup (X1) berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumsi yang telah dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,422 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikan sebesar 0,008 < 0,05, variable Media Sosial (X2) mempunyai pengaruh yang bersignifikan terhadap Perilaku Konsumsi hal ini dibuktikan dengan nilai t hitungnya yaitu 4,299 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikannya ialah 0,007 < 0,05, Variabel Lingkungan Sosial (X3) mempunyai pengaruh yang bersignifikan terhadap Perilaku Konsumsi hal ini dibuktikan dengan nilai t hitungnya yaitu 5,919 > t tabel 1,986 dan nilai signifikannya ialah 0,000 < 0,05, variable Gaya Hidup, Media Sosial, dan Lingkungan Sosial mempunyai pengaruh secara simultan dan bersignifikan terhadap Perilaku Konsumsi Hal ini dapat dilihat variasi variabel Gaya Hidup, Media Sosial, dan Lingkungan Sosial mampu menjelaskan variasi variabel Perilaku Konsumsi sebesar 55,8%, serta prinsip konsumsi dalam Ekonomi Islam untuk memenuhi berbagai keperluan hidup manusia yaitu kebutuhan lebih diutamakan daripada keinginan. Terdapat perbedaan yang bersignifikan apabila dibandingkan dengan ilmu ekonomi modern yang mengutamakan materialistisnya saja. Prinsip dalam Islam tentang konsumsi, diatur oleh lima prinsip utama, yaitu: keadilan, kesederhanaan, moralitas, kebersihan, dan kemurahan hati.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:48
Last Modified: 02 Jun 2023 03:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18695

Actions (login required)

View Item View Item